BI Siapkan Rp3,4 Triliun untuk Kebutuhan Natal dan Akhir Tahun 2019

814 views

mengenal_rupiahBank Indonesia Sulsel menyiapkan uang tunai Rp3,40 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan  jelang Natal dan akhir tahun 2019. Disamping itu, Bank Indonesia bekerjasama dengan 34 perbankan menyediakan 96 titik layanan penukaran uang di seluruh wilayah Sulawesi Selatan.

Menjelang Hari Raya Natal dan akhir tahun 2019, Bank Indonesia memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan uang kartal (uang kertas dan logam), sesuai pola musiman. Khusus periode Natal dan akhir tahun 2019, BI menyiapkan kebutuhan uang tunai yang meningkat sebesar 33,12% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Rp2,28 triliun) atau menjadi Rp3,40 triliun.

Nilai tersebut terdiri dari 3,26 triliun untuk Uang Pecahan Besar (UPB) dan 0,14 triliun untuk Uang Pecahan Kecil (UPK). Bank Indonesia mengantisipasi kebutuhan uang tunai dan kegiatan transaksi sistem pembayaran menjelang Natal dan akhir tahun 2019 dengan mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor Bank Indonesia maupun jaringan perbankan, dan infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang lancar dan terjaga.

Layanan tersebut merupakan sinergi Bank Indonesia dengan perbankan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat menjelang Periode Natal dan Akhir Tahun 2019. Kegiatan yang mengambil tema ”Rupiah, Sahabat Untuk Semua” dilakukan dengan ekstensifikasi layanan penukaran melalui kas keliling dan titik penukaran di pusat kegiatan maupun di kantor cabang perbankan.

Bagikan

Bank Rupiah

Posting Terkait

Tinggalkan pesan