Geram Dengan Postingan Maman Suratman Di Medsos, Pemuda Tapango Rapat Konsolidasi

2218 views

Jalurnusantara.com- Polewali Mandar- Sejumlah Organisasi/ Lembaga lokal maupun Nasional tingkat Kecamatan Tapango, yakni Angkatan Muda Palili (AMP), PAC Gerakan Pemuda Ansor (GP. Ansor), Kerukunan Keluarga Pemuda dan Mahasiswa Palili, DPK KNPI Kecamatan Tapango, Lingkar Mahasiswa Tapango (LIMATA), Ikatan Pelajar Mahasiswa Riso, Lembaga Adat se Wilayah Tapango, menggelar Rapat konsolidasi untuk menyikapi postingan Maman Suratman di media Sosial (Facebook) yang dianggap menghina,meremehkan masyarakat/ orang Tapango dengan sebutan Cangngo. Kamis, (25/06/20).

Diketahui Maman Suratman, dalam postingannnya dengan menggunakan bahasa Mandar menulis “Marasa Gayana I Puang, Maraqdiana To Cangngo”, yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Bagus Gayanya Puang, Raja dari Orang Bodoh”.

Dedi Irawan, salah seorang tokoh pemuda Tapango mengatakan, rapat ini dilakukan untuk menindak lanjuti masukan dan saran sejumlah pemangku Adat di Wilayah Tapango, terkait adanya postingan di Media Sosial yang bernuansa SARA.

“kami memang telah menyampaikan hal ini kepada beberapa orang orang tua di Kampung, adanya postingan di Facebook yang kesannya memandang enteng, meremehkan kami orang Tapango,” tutur Dedi.

Ditempat yang sama, Mahmud Subarkah, juga menyampaikan hal yang sama, bahwa postingan Maman Suratman memang benuansa SARA dan melukai warga Tapango, meski tidak menyebut Kampung, daerah, tapi semua orang di Sulbar tahu, kalau Ali Baal Masdar adalah Mara’dia Tapango, sehingga masyarakat Tapango tersinggung karena dibilangi “CANGNGO”.

“iyalah, pasti tersinggung, bukan cuma tersinggung tapi telah diremehkan, dihina, dan kami sangat menjunjung tinggi Marwah Adat kami di Tapango,  saya tahu Maman tidak sebut Tapango dalam postingannya, tapi tahu sendiri, Puang Ali, itu Mara’dia Tapango,” beber pemuda yang Akrab disapa Comenk ini dengan Nada tinggi.

Olehnya itu, tambah Comenk, dari berbagai masukan setelah diskusi panjang, disepakati bahwa, persoalan ini akan dibawah ke ranah Hukum.

“Postingan Maman itu, banyak pasal yang dilanggar, soal Sara karena cenderung Rasis, Undang Undang IT, dan lain lain, makanya besok kami akan ramai ramai ke Polres Polman untuk melaporkan hal ini,” ucap Comenk lagi.

Untuk diketahui, Rapat tersebut, hadir sejumlah Tokoh Pemuda asal Tapango diantaranya Dedi Irawan, Ketua Angkatan Muda Palili, Abdul Rahim, ketua PAC GP. ANSOR Tapango, Andi Bangsawan, Cucu Puang Batu, Mahmud Subarkah, Abdul Rahim Anwar Ketua BAIN HAM RI Sulbar, Surun, Penggiat Sosial, dan lain lain.(PNG)

Bagikan
No related post!

Tinggalkan pesan