Cegah Faham Radikal Pasca Gempa, Kanwil Kemenag Sulbar, Gelar Rakor dengan Ormas

291 views

Jalurnusantara.com- Mamuju-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat menggelar pertemuan terbatas dengan beberapa ormas keagamaan di Prov. Sulbar, Kamis (04/02/2021).

Pertemuan tersebut diselenggarakan untuk membahas adanya issue yang berkembang mengenai penyebaran paham tertentu pasca gempa yang mengguncang Mamuju dan Majene.

Menanggapi issue yang berkembang dimasyarakat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H. M. Muflih B. Fattah mengatakan perlunya tindakan yang cepat untuk mengantisipasi hal tersebut.

Ia mengatakan pentingnya peran penyuluh dalam memberikan pendekatan dan pemahaman keagamaan (trauma healing) untuk membangun kembali kepercayaan diri masyarakat setelah mengalami trauma yg mendalam.

“dibutuhkan peran penyuluh untuk memberikan pemahaman keagamaan agar tidak mudah dipengaruhi, meski dalam keadaan trauma”.

Menurutnya, kondisi saat ini sangat rentan dipengaruhi organisasi dan aliran keras karena keadaan fisik, mental serta kebutuhan yang mendesak para pengungsi sebagai jalan utama untuk memberikan pemahaman mereka.

Iapun berharap, organisasi Masyarakat di Sulbar terus membangun komunikasi dan kolaborasi dalam mengantisipasi penyebaran paham radikal di masyarakat Sulbar.

Untuk diketahui Pertemuan teraebut dihadiri beberapa ormas Islam diantaranya PW NU Sulbar, PW Muhammadiyah Sulbar, LazisNU, Pemuda Ansor, BKPRMI Sulbar, Kepala KUA serta Penyuluh Kota Mamuju yang dipimpin oleh Kasubbag Umum & Humas H. M. Sahlan. (Humas Kemenag/ Cat)

Bagikan
No related post!

Tinggalkan pesan