Pilkada Mamuju Dipastikan Tidak Diikuti Calon Perseorangan

48 views

Jalurnusantara.com- Mamaju- Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju yang akan dihelat Rabu 27 November 2024, dipastikan tidak akan diikuti oleh pasangan dari jalur perseorangan.

Hal itu lantaran hingga pukul 23.59 wita, Minggu 12 Mei, tidak ada satu pun pasangan bakal calon perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju yang mendaftar.

“Nihil (pendaftar bakal calon perseorangan). Hingga berakhirnya masa penyerahan persyaratan dukungan bakal calon perseorangan, tidak ada satu pun yang melakukan penyerahan,” ujar anggota KPU Mamuju Sudirman Samual, Senin 13 Mei, dini hari.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU Mamuju ini, tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan itu berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Masa penyerahan dokumen persyaratan dukungan calon perseorangan kita buka sejak tanggal 8 Mei 2024. Dan berakhir tepat pukul 23.59 WITA pada Minggu 12 Mei 2024,” ungkapnya.

Pria yang pernah menekuni profesi jurnalistik selama 15 tahun itu pun menjelaskan, untuk Kabupaten Mamuju, syarat minimal dukungan yaitu 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

Selain itu, persebaran dukungan berasal lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten ini.

“Untuk Kabupaten Mamuju DPT Pemilu 2024 adalah sebesar 189.167 dengan jumlah 11 kecamatan. Dengan begitu, minimal dukungan calon perseorangan sebanyak 18.917 dengan sebaran minimal enam kecamatan,” sebutnya.

Hal tersebut, telah dituangkan dalam Keputusan KPU Mamuju Nomor 492 tentang Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tahun 2024. (rls)

Bagikan
No related post!

Tinggalkan pesan